4.17.2012

Minyak Ikan Adalah Wonderful Food


Minyak ikan memang tidak sepopuler multivitamin yang lain. Dia tidak pernah diiklankan, dipublikasikan bahkan tidak pernah disarankan oleh dokter sekalipun. Tapi manfaat dan khasiat minyak ikan yang ada didalamnya sungguh luar biasa. Maka saya mengatakan bahwa minyak ikan adalah wonderful food.

Bentuk minyak ikan yang berbentuk elips, berwarna keemasan, dan kenyal membuatnya unik. Minyak ikan mengandung omega 3, vitamin A, dan vitamin D. Bagi Anda yang tidak suka mengkonsumsi ikan, bisa menggantinya dengan meminum minyak ikan karena kandungan gizinya yang baik.


Minyak ikan bisa dikonsumsi oleh anak-anak dan orang dewasa. Bahkan sangat baik untuk pertumbuhan janin di dalam kandungan. Pada janin dan balita, omega 3 yang terkandung dalam minyak ikan berperan dalam perkembangan otak atau kecerdasan anak. Omega 3 ini memiliki khasiat untuk meningkatkan kemampuan susunan system syaraf pusat janin. Selain itu baik juga buat kekebalan tubuh anak dari berbagai jenis penyakit. Saudara saya yang ketika hamil mengkonsumsi minyak ikan, anaknya memiliki kulit yang halus dan lembut. Ini karena kandungan vitamin A yang bagus buat kulit.

Keluarga saya termasuk yang "fanatik" dengan minyak ikan. Seakan segala penyakit bisa diobati dengan minyak ikan. Tapi memang terbukti manjur untuk kesehatan. Kakak saya mengalami penyakit kelainan darah (ITP) sehingga beliau tidak diperbolehkan untuk meminum obat. Ketika dia sakit flu,atau sakit gigi dia mengkonsumsi minyak ikan.

Suatu ketika, kakak saya mengalami sakit gigi. Ketika diperiksa di dokter, dokter menyarankan agar giginya dicabut. Lalu ibuku menceritakan kronologis penyakit kakak saya yang tidak bisa meminum obat dan jika dilakukan pencabutan gigi ada kekhawatiran darahnya sulit berhenti. Dokterpun tidak berani melakukan pencabutan gigi. Akhirnya, ibu saya memecahkan minyak ikan hingga menjadi cairan, lalu diteteskan ke dalam lubang gigi. Setelah beberapa hari, sakit gigipun hilang.

Ini terjadi juga pada saya. Waktu masih kecil, saya ada bisul di mata. Bikin penampilan saya kacau banget dengan mata yang bengkak seperti itu. Lalu, saya pergi ke dokter mata. Dokter memberi beberapa obat, ada yang harus saya minum dan sebagian harus dioleskan di sekitar mata. Setelah seminggu saya meminum obat dari dokter, mata saya tak kunjung kempes. Lalu pak uwo (Pakde) saya menyarankan untuk meminum minyak ikan. Obat-obatan dari dokter saya buang dan saya ganti dengan mengkonsumsi minyak ikan. Alhamdulillah, beberapa hari bisul dimata saya kempes dan hilang secara berlahan. Mulai kling..kling lagi deh :)

Sekarang keluarga saya selalu menyediakan minyak ikan di dalam rumah. Minyak ikan sebagai "obat" pertama yang kami konsumsi ketika sakit. Sebenarnya, minyak ikan bisa diminum setiap hari sih. Tapi efek sampingnya, bikin nafsu makan bertambah, bawaannya makan mulu. Bisa bahaya hehe...maka saya mengkonsumsinya ketika badan lagi kurang fit aja.

Yuk, konsumsi minyak ikan yang manfaatnya luar biasa bagi kesehatan.

4 comments:

Leadership Developmant Training said...

kunjungan sob ..
mau bagi-bagi kalimat motivasi sob ..
"saya belajar menggunakan kata 'tidak mungkin' dengan sangat hati-hati."
kunjungan balik ya sob .. :)

Harga Trica Jus said...

keep learning.....good luck !

Fayza Firdaus said...

mau tanya, itu belinya dimana ya? ada nama produk vitaminnya ga?

zara said...

Banyak khasiat minyak ikan sebenarny tapi tak ramai yang suka nak makan .. Saya mkn minyak ikan dari Shaklee =) .. Blh tgk di sini http://theshopontheblog.blogspot.com/2012/12/panduan-pilih-minyak-ikan-yang-terbaik.html?m=1