5.11.2012

Porsche Macan & Lamborghini Madura

Mimpi mobil buatan Indonesia menjadi produk dunia mungkin belum bisa tercapai. Tapi setidaknya nama-nama dari Indonesia berhasil memikat para pembuat mobil ternama di dunia. Digunakannya nama mobil dari bahasa Indonesia menjadi suatu kebanggaan dan kehormatan tersendiri. Karena umumnya produk global menggunakan bahasa Latin, Spanyol, Jepang, dan lainnya. Saya sendiri tidak menyangka kedua merek mobil terkenal ini menggunakan nama Indonesia untuk produk mobil terbarunya. Kalau nama mobil dengan menggunakan nama hewan, mungkin memang sudah lazim. Sebut saja, Kijang, Kuda, dan Panther. Biasanya nama hewan yang digunakan identik dengan hewan yang larinya cepat. Ini menunjukkan bahwa mobil tersebut memiliki kecepatan yang tinggi dan handal. Tapi belakangan ini nama mobil dengan nama hewan sudah berkurang, sebut saja nama mobil sekarang Xenia, Avanza, Yaris, Jazz, Rush, dll.

Rupanya, "Macan", si hewan buas ini menjadi nama mobil keluaran terbaru Porsche. Nama Macan dipilih karena memiliki unsur kelenturan, kekuatan, daya tarik dan dinamika yang merupakan inti dari mobil terbarunya itu. Mobil macan ini dulunya bernama Cajun, tetapi pada Februari 2012 lalu mereka menggantinya dengan nama Macan. Mobil yang rencananya akan diluncurkan tahun depan ini telah membius para pecinta otomotif di seluruh dunia. Mobil yang dijuluki sebagai 'baby Cayenne' ini diketahui mengambil Audi Q5 sebagai basisnya yang membuat macan menjadi lebih kecil dan efisien dibanding sang kakak, Cayenne.

Porsche Macan 

Tanevsky berkolaborasi dengan desainer Lamborghini dan Audi membuat Lamborghini Madura. Menurutnya, dipilihnya Madura diambil dari nama pulau yang terkenal dengan budaya karapan sapi, cocok dengan mobil berlambang banteng ini. Madura adalah proposal untuk proyek mobil hybrid Lamborghini pertama yang dijadwalkan akan rilis pada tahun 2016. 

Kehebatan Lamborghini Madura antara lain desainnya sekilas menyerupai tampilan Lamborghini Reventon dan mobil konsep Estoque. Namun, secara keseluruhan desain Madura lebih ramping dan agresif. Bagian depan Lamborghini Madura, mengusung lampu ramping untuk mempertegas kesan lebar pada mobil, dihiasi dengan lubang udara besar serta kap mesinnya yang memiliki lekuk unik. Bagian buritannya, posisi mesin hybrid yang berada di bagian depan, membuat Tanevsky dapat membuat garis-garis rumit yang membantu menjadikan tampilan Lamborghini Madura Concept memiliki tampilan yang sangat unik, menarik dan seksi. 

 Lamborghini Madura

Jika mobil di luar negeri sudah melirik dan menggunakan nama-nama Indonesia, ada baiknya mobil nasional kita juga menggunakan nama-nama lokal. Jangan sampai nama-nama lokal sudah keduluan sama mobil buatan luar negeri. Kali-kali aja ada yang mau pakai nama Banteng, Singa, atau Buaya. Asal jangan buaya darat ya....hehe....

4 comments:

Sang Cerpenis bercerita said...

wah kalo pake nama zebra masih keren ya. hehee

chici said...

Hihi kalo namanya orang utan lucu tuh :p

Salam kenal juga ya kakak :)

obat penyakit asam urat said...

andai kupunya satu,,, aja

cara mengobati penyakit jantung said...

luar biasa sekali. keren banget tuh yah mobil
kapan aku bisa punya kayak gituuh