12.05.2011

Stel Kandas




Bagi Anda yang tingga di Medan, kata-kata "Stel Kandas" tentulah tidak asing di telinga. Tapi bagi Anda yang tinggal di Jawa, pasti anda akan berfikir, apa itu stel kandas? Apakah ini berarti pesawat yang tinggal landas? atau cinta yang kandas? atau ini ada hubungan dengan pakaian yang satu stel?

Hm...Stel kandas acapkali digunakan untuk mengungkapkan penampilan yang norak atau habis-habisan. Misalnya seperti akan pergi ke pesta, biasanya ibu-ibu akan dandan yang cantik, malah terkadang berlebihan alias norak. Maka si suami bilang "udahlah, tidak usah stel kandas". Maksudnya "tidak usah dandan norak".

Saya sendiri sudah jarang menggunakan kata-kata "stel kandas" untuk mengungkapkan penampilan yang prima. Dialog itu keluar begitu saja, ketika suami saya bilang "diantara pengunjung mall ini, yang paling modis itu saya". Lalu saya menjawab "padahal saya belum stel kandas lo..". Lalu dia tertawa terbahak, "udah lama gak dengar kata-kata stel kandas" katanya.


Saya yang memang dilahirkan dan besar di Medan kadang tanpa sadar menggunakan bahasa Medan untuk berkomunikasi. Walau saya sudah 6 tahun tinggal di Jakarta. Lucunya, kadang saya mengganggap itu bahasa Indonesia sehingga semua orang memahaminya.

Tidak jarang orang lain tertawa lucu ketika saya berbicara.Terutama ketika berkomunikasi di kantor. "Buku di perpustakaan ini berserak-serak" kata saya waktu melihat buku yang berantakan di meja perpustakaan. Grrr.....teman-teman yang ada di ruangan itu tertawa.. "apa itu berserak-serak?" tanya mereka. Itu ungkapan bahwa buku disana berantakan.

Ya begitulah..kadang tidak mudah merubah kebiasaan. Saya sendiri ketika berkunjung ke Medan juga kadang menahan geli ketika mendengar orang Medan berbicara. Mereka berbicara kenceng bukan berarti marah. Tapi memang seperti itu gaya mereka. Bravo, Medan!

Contoh gambar Syahrini yang stel kandas! :D

11 comments:

ghost writer said...

iya,aku juga pertama kali mendengar perkataan itu,Isti.bisa ngga aku gunakan untuk penulisan aku?haha!

Nyun_nyuN said...

stel kandas = style yang jatoh

kandas= jatoh, berakhir, elek ahahha

eh.. tapi beneran aku gak pernah denger tu stel kandas mba :p.

tapi ngomong ngomong, itu syahrini kan buat nemuin bekam pake baju stel kandas hahaha

Sang Cerpenis bercerita said...

oh itu toh artinya stel kandas...

Iman said...

Jambul khatulistiwa, bulu mata anti badai... Syahrini emang paling bisa deh

Baru tau artinya setel kandas hehehe

obat sakit tipes said...

dapet kata2 baru ni "stel kandas"
soalnya baru tahu, kalo itu artinya norak, heuheu

muslimshares said...

nice blog gan
kalo berkenan mampir ke blog ane yuk sekalian tukeran link.


salam,
muslimshares
http://muslimshares.wordpress.com

catatan kecilku said...

Ah ya, jambul katulistiwa emang sempat menuai banyak kritikan pedas dimana-mana. Stel kandas! Hahaha.., aku suka banget istilah itu :)

Budhy said...

Tapi kern juga tuh ibu2nya mbak hehe..

Obat herbal sakit pinggang said...

saya baru tahu stel kandas adalah dandan berlebihan yang mengakibatkan norak,terimakasih mbak,kunjungi kami juga ya

dhodie said...

Modelnya cocok untuk ngegambarin stel kandas itu..

Coba lihat itunya, anunya, entunya, ah...sudahlah saya melipir sebelum ditimpuk Isti :)

obat kanker rahim said...

wow... stel kandas yah.. sungguh luar biasa sekali .. makasih atas informasinya.. semoga bermanfaat untuk masyarakat jawa,,,