5.31.2009

Travellous


...ini untuk mimpi-mimpi kita yang terucap

diketinggian rubuan kaki

lebih dekat dengan langit

tentu Tuhan mendengarkan doa kita



Belakangan ini saya membaca beberapa buku/ novel tentang kekuatan sebuah mimpi, travelling dan persahabatan. Mulai dari Traveller's Tale; bercelona Belok Kiri, The Naked Traveler, 5 cm dan terakhir Travellous (A Travel Journal). Tetapi novel yang terakhir ini yang ingin saya share ke teman-teman.


Novel ini karangan Andrei Budiman. Dari judulnya saja kita sudah bisa menebak bahwa ini cerita tentang perjalanan si penulis menjadi backpakcer di Eropa. Dibandingkan dengan The Naked Traveler, terus terang saya lebih suka Travellous. Walaupun ketika baru selesai membaca The Naked Traveler saya masih terkesan dan terbayang akan ceritanya. Dan langsung punya hasrat untuk jalan-jalan! Tapi di Travellous, ada sisi lain yang mengharu biru yaitu adanya persahabatan yang begitu indah :)
Berawal dari sebuah mimpi ingin menaklukkan benua Eropa, setelah selama ini Andrei sudah keliling Indonesia. Dengan uang seadanya, saya berani bilang kalau Andrei ini ini "he got star lucky". Lelaki yang bernasib baik. Bayangin aja, ketika lagi bokek di Singapore ketemu sama orang yang baik banget mau bayari makan dan akomodasi. Terus, waktu di Malaysia berhasil dapat tiket murah ke Eropa gara-gara berani ngegombali si pemiliki travel. Enggak sampai disitu aja, Andrei juga mendapat kesempatan kerja di Belanda selama 2 minggu (lumayan buat nambah-nambah..). Waktu keuangan lagi sekarat, eh Andrei malah dapat kesempatan jadi volunteer di Swiss. Hm...how lucky he is..
Nah, Andrei juga mendapatkan kesempatan menjadi mahasiswa tamu di Perancis yang akhirnya memperkenalkan dia dengan 2 gadis Cina, Ling dan Jules. Singkat cerita (baca sendiri bukunya hehe...) mereka menjadi dekat dan kompak banget. Ling yang ceria dan jawara kelas serta Jules yang memiliki mata yang indah. Ketika Andrei hendak pergi ke Swiss, Jules ingin ikut bersama Anderi sebagai backpacker. Suka duka diperjalanan membuat mereka bertambah dekat.
Now..its time to go...Ada saatnya ketika semuanya harus berakhir. Saat-saat perpisahaanpun tidak luput dengan rasa haru dan tangis. Andrei pun harus kembali ke Indonesia dan menjadi mahasiswa di Yogya.
Tak disangka beberapa bulan kemudian. Ling datang menemui Andrei di kampusnya dan bilang "saya kangen sekali, Rei...saya kangen kamu!" Nekad! Dia datang ke Indonesia cuma buat jumpa sama si Andrei! Dalem banget.
Tapi pengalaman yang tertuang dalam buku ini luar bisa. That was wonderful experience...


17 comments:

Sang Cerpenis bercerita said...

jadi pengen baca bukunya nih.

Quinie said...

iyaaa pengen baca juga nih bukunya... makasih udah ikutan sayembara sayah yaaa :)

travellous said...

Isti, makasih ya reviewnya, I'm totally flattered ^_^

andivan said...

kayaknya bagus tuh buku, travelling, pengalaman hidup, dan kisah persahabatan berkembang menjadi kisah kasih.. luengkep ya..

cinderella ilang sepatunya said...

hmmmm...pengen baca juga aaah :)

Planet Jingga said...

lucky man!
kalo udah dibaca novelnya sy pinjemin y...bcanda!
soalnya di tempatku ga ada tmpt jualan buku cerita ato novel...mklm hidup jauh di perbatasan utara indonesia...serba terbatas.

Planet Jingga said...

oh ya..thnks udh mampir diblog kumuh ku.

easy said...

hemm.. ujungnya pasti hepi ending ya...

J O N K said...

ini True story ya mba,

bener2 beruntung, saya kepingin banget bisa kayak gitu, pingin nekad, pingin nuangin pengalama ke blog, tapi masih takut hehehehhe

Fernando de Greesse said...

Istri Ane juga punya tuh buku the naked traveler.....trims telah mampir di blog jelek ane xixixixi...

bongjun said...

sssstttt,..pinjam dong xixixi,...
thank's dah mampir di blog planet aneh. salam kenal

budi said...

Wujudkan Impian Jadi Milyader...dengan dua langkah Mudah
Makasih dan mohon maaf

Ariesvio said...

Wah....mimpi yang indah
salam sukses

Rahasia Search Engine said...

thx yah dah dipreview...
kayanya bagus banget tuh buku...
hunting dimana yah???
mw langsung cari ah...

nice preview
thx yah...
C U...

adwidas said...

hmmm...kalo ga bc langsung kayaknya blm afdol de....:)

attayaya said...

huaaaaaaaa aku pengen traveling, tapi kagak punya doku plus gatau arah hehehehe
carita perjalanan plus percintaan dong novel itu

ijal said...

buku yang bagus..