RSS
Facebook
Twitter

7.14.2009

Kalau melihat daftar mahasiswa Indonesia yang berprestasi di luar negeri pastinya sangat membanggakan sekali. Dulu, bangsa Indonesia terkenal dengan bangsa yang besar karena kita memiliki Soekarno. Bangsa Indonesia juga terkenal dengan istilah macan Asia. Walau beberapa tahun kemudian Indonesia seperti kehilangan gigi, kini kita boleh berbangga lagi dengan prestasi putra-putri terbaiknya di kancah Internasional.
Ini adalah beberapa nama mahasiswa Indonesia yang menuai prestasi membanggakan di tingkat internasional di tahun 2009:
  1. Shofwan Al-Banna Choiruzzad, berhasil memenangkan The 39th St. Gallen Symposium yang berlangsung di Swiss, 7–9 Mei 2009. Dengan karya tulis berjudul Boundaries as Bridges: A Reflection for Transnational Business Actors, ia mengungguli Jason George, mahasiswa program master dari Harvard University (peringkat dua) dan Aris Trantidis, mahasiswa program doktoral dari London School of Economics (peringkat tiga).
  2. Arief Indrasumunar, Mahasiswa Indonesia di Universitas Queensland, mendapatkan paten internasional atas keberhasilan penelitiannya melakukan kloning tiga gen yang berperan dalam pembentukan "root nodule" pada tanaman kedelai.
  3. Team Ganesha, Tyson, Aisar L. Romas, dan R. Siti Intan, berhasil menyisihkan finalis dari universitas ternama di Jepang dan Korea, meraih penghargaan tertinggi dari JapanSociety of Information and Communication, IEICE, pada lomba perancanganchip: LSI-Design Contest 2009.
  4. Team Zoiros, Randy Hari Widialaksono, Ahmad Fajar Firdaus, dan Iman Prayudi, juga mendapat penghargaan dari Multinational Company, Xilinx® Award. Dengan rancangan prosesor mereka yang dapat bekerja pada kecepatan mencapai 1 GigaHertz, mereka berhasil menunjukkan keunggulan sistem dari berbagai peserta lainnya. Prototipe komputer mereka juga dapatmemperagakan kemampuan prosesor dalam menjalankan “Video Game Sokoban.
  5. Tim 'Big Bang' ITB yang terdiri dari David Samuel, Doddy Dharma, Dominikus Damas dan Samuel Simon, serta Ella Madanela sebagai mentor menjuarai Imagine Cup 2009 yang digelar oleh Microsoft pada final 3 - 7 Juli 2009 lalu di Kairo, Mesir.

Data diatas belum termasuk pemenang Olimpiade Fisika di luar negeri. Itu untuk posting berikutnya :)

Tapi sayang sekali, pemerintah masih kurang menghargai hasil karya anak bangsa, seperti mematenkan hasil karya mereka. Ini dapat terlihat jelas dengan adanya kasus David, mahasiswa asal Indonesia yang meninggal di Singapore karena dianiaya oleh dosennya karena sang dosen ingin memiliki hasil penelitian David. Peranan pemerintah sangat lemah dalam hal mempertahankan hasil penelitian David yang luar biasa dan cenderung tidak peduli atas kehilangan salah satu putra terbaiknya.

Selain itu, kurangnya perhatian pemerintah terhadap wadah bagi orang-orang pintar ini untuk melakukan penelitian dan berkreasi. Sehingga mereka lebih senang bekerja di luar negeri daripada di negerinya sendiri. Padahal kemampuan mereka dapat membantu membangun negeri kita tercinta ini.

33 comments:

azarre said...

Woww... amazing records... Sayang kurang sekali pemberdayaan orang2 pintar di indonesia ya mbak... coba kalo orang seperti pak habibie tetap tinggal di indonesia pasti indonesia bisa memajukan teknology dengan SDM lokal...

isti said...

iya karena lowongan kerja buat mereka juga sedikit sekali. Liat aja IPTN malah tidak dikelola dg benar. Makanya pada 'kabur' ke luar negeri

mrpsycho said...

iya sis,banyak yang bisa dibanggakan dari putra putri Indonesia

mataharitimoer said...

bangga menjadi endonesya! salam kenal. eh, keluarga dblogger terbuka koq untuk siapa saja.

Pasang Iklan Gratis said...

dulu memang indonesia disebut sebagai macan asia...
krna selalu berada di posisi terdepan dan terbaik...
namun sekarang macannya telah tua dan ompong...

mudah2an macan2 muda indonesia bisa menjadi macan asia lagi...
dan memiliki taring yang panjang dan tajam, agar indonesia dapat menjadi macan asia lagi...

salam kenal :D,,,,
Stop Dreaming Start Action

julie said...

hi sista
berkunjung yaaa

Tukang Komen said...

Kecenderungan orang-orang pintar dari Indonesia selalu meninggalkan negeri tercinta, bahkan menjadi warga negara lain, jadi apa yang bisa dibanggakan dari prestasi mereka? Setidaknya jika mereka ingin bekerja di luar negeri tetaplah menjadi warga Tanah air, agar kami saudara-saudaranya bisa tetap bangga memiliki orang-orang seperti mereka.

dykapede said...

untungnya saya pernah dan pernah menduduki bangku perkuliahan walaupun MA yang didapat. ^_^...V salam D3pd

easy said...

banyak sekali orang2 pintar asal indonesia yang diberdayakan luar negeri ya :(

Retrira said...

busyeett.....

anak2 Indonesia pinter2 banget ya mbak?

AKU BANGGAAAAAA!!!!

Kalo pemerintah Indo ngasih perhatian khusus pastinya mereka bisa berbakti buat negara ya :)

papadanmama said...

semoga mahasiswa indonesia dpt sll dibanggakan

anny said...

Ikut bangga buat putra putri Indonesia disana yang mengharumkan nama bangsa

chikal said...

saluut tapi sayangnya masih banyak orang2 yang pada ga mo bersyukur.

lovepassword said...

Indonesia memang banyak anak pinter, tapi karena agak kurang dihargai ngabur deh keluar desa :)

gaelby said...

infonya mantab. Anak indonesia ternyata banyak yg genius
Salam knal :)

travellous said...

wah baca postingan mu ini bikin merinding, banyak mahasiswa kita yg berbakat ya, semoga pemerintahan kita sekarang bisa meng akomodir, agar jangan banyak lagi anak2 pinter kita di "curi" orang luar.

ajay said...

begitulah bangsa kita bangsa yg slalu mengukur pake duit, ga peduli orang itu bener/ga ber salah. kalau ga ada duit pasti slalu jadi yg ber salah, begitupun kasus kasus yg lain. sukses slalu untuk mu

xitalho said...

Trims dah mampir.... met kenal juga ya...

Bangsa ini sebetulnya BUKAN kelas bangsa pecundang, banyak prestasi international yang telah diraih. Masalahnya iklimnya sosio budaya kita belum mendukung prestasi mereka itu menjadi motor ekonomi bangsa. Lihat saja nanti, prestasi cuma sebatas dipanggung festival... ntar lulus sekolah mereka bakal sibuk cari kerja (jadi kuli lagi).
Siapa yg kudu tanggap dng masalah ini? All..!! utamanya Pemerintah dan swasta nasional.

Sang Cerpenis bercerita said...

halo..tks dah mampir. ini ganti template ya? bagus lho.

rizky said...

emang tak selamanya dunia pendidikan di endonesiah ini negatip seperti sudut pandang sayah ini. tapi emang bener2 membanggakan ni.

Fandhie said...

indonesia banyak org hebat..
dan krn pemerintah kurang konsen dibutuhkan org pintar yang mampu mencari jalan mereka sendiri :)
nice post nih

NoRLaNd said...

Dengar dengar Ada juga siswa dari Indonesia yang menjadi 11 orang dengan nilai sempurna di Ajang Perlombaan Bahasa Inggris di Tingkat Internasional...
Dalam hal pendidikan, kek nya negara kita tidak kalah lah.. Tapi, dalam suatu hal..... Kita Sangatlah KALAH T_T

cow said...

emang ada orang Indonesia yang mampu membayar mereka

cow said...

salam ngejunk diblog lupa gue diatas blum ditulis :D :D :D

daysandminds said...

teman saya calon ahli bedah syaraf wanita dengan spesifikasi yang tidak ada di Indonesia, berpikir untuk tidak pulang apabila ia kelak tidak diberikan kesempatan untuk menggunakan ilmunya di Indonesia...

Sangat disayangkan... karena ilmunya itu dapat digunakan untuk mengajar lagi putra-putri Indonesia untuk melakukan hal tersebut...

miftahrahman said...

salut, tulisan anda mencerahkan sekali

angga chen said...

mantap...ternyata putra putri indonesia hebat hebat...ya mudah mudahan aja pemerintah bisa membuatkan wadah untuk mereka agar bisa memajukan bangsa..amin ! thanks ya atas infonya

alamendah said...

Betul kan?. Orang Indonesia itu sebetulnya pinter2. Sayang kurang mendapatkan apresiasi. Adanya yang pinter tuh malah pada lari ke luar negeri.

zee said...

Setuju sama kamu Is.
Indonesia ini banyak sekali orang pintar, sayang mereka jarang bisa ditampung, sehingga akhirnya mencari apresiasi di tempat lain.

Srex said...

Sebenarnya kita memiliki BPPT yg mampu mengakomodasi riset2 para peneliti2 kita, cuma masalahnya godaan materi dari LN lebih menggiurkan mbak...ya kaburlah mereka.
@sorry baru sempat mampir,aku abis bangun dari 'hibernate' nih...

indonesiaproud said...

Saya setuju bhw bangsa kita punya prestasi yg membanggakan di dunia. Namun, media massa minim dlm mempublikasinya shg negara kita lbh dikenal dg korupsi atau kasus terorisnya. Untuk itu saya membuat http://indonesiaproud.wordpress.com/ utk membantu mempublikasikan prestasi tsb. shg kita bisa bilang I'm Indonesian and I'm proud!

Anonymous said...

Mohon maaf dan mohon izin saya mem-posting-kan posting di atas di grup facebook 'INDONESIA, MAMPUKAH MENJADI TOKOH DUNIA'... Trims..

Anak cerdas said...

Insya Allah masih ada lagi generasi bangsa yang masih dibangku sekolah yang akan siap membangun Indonesia meskipun tanpa dibantu Pemerintah. Asli pakai uang sendiri. Informasi yang menarik dan menambah semangat mumpung masih muda