8.27.2010

Indonesia Bukanlah Negara Terkaya di Dunia



Beberapa hari belakangan ini mencuat isu bahwa Indonesia adalah Negara Terkaya di Dunia. Benarkah? Tulisan ini dibuat oleh Agung Mauliadi yang dishare oleh beberapa orang di facebook. Hal ini menggelitik saya untuk mencari tahu kebenarannya. Karena dengan menyebutkan Indonesi adalah negara TER-kaya berarti Indonesia adalah negara yang Paling Kaya di dunia. Dimana kata TER mencerminkan yang kata PALING.

Dikatakan bahwa :

1. Indonesia adalah Negara Pertambangan Emas Terbesar dan kualitas Terbaik di Dunia.
Nyatanya, emas Indonesia berada di urutan 12 di dunia. Dan Rusia adalah penghasil emas terbesar di dunia dengan 302.128 kg, sementara Indonesia hanya 58.773 kg. (Sumber wikipedia)


2. Indonesia adalah Negara yang Memiliki Cadangan Gas Alam Terbesar di Dunia.
Cadangan gas alam Indonesia berada di urutan 13 di dunia. Dan Rusia masih merupakan negara yang memiliki negara penghasil cadangan Gas Alam terbesar di dunia. Diurutan kedua dan ketiga ditempati oleh Iran dan Qatar. Saking kayanya negara Qatar hingga pemerintah tidak lagi memungut pajak penghasilan dan kendaraan bermotor dari warganya (Sumber wikipedia)


3.Indonesia punya Hutan Tropis Terbesar di dunia.
Hutan Amazon dan hutan di Indonesia memiliki luas yang lebih kurang sama yaitu 170 juta hektar. Ini belum dikurangi illegal logging yang marak terjadi beberapa tahun terakhir ini. (sumber wikipedia dan Amazon Rainforest)




Saya hanya ingin meluruskan informasi yang salah tentang Indonesia. Dari kecil kita selalu dininabobokan dengan mengatakan bahwa Indonesia adalah negara terkaya di dunia sehingga apa-apa saja mudah diperoleh disini. Dari informasi yang salah ini membuat kita menjadi terlena dan enggan bekerja keras . Dan informasi yang salah ini dapat juga memicu kebencian terhadap pemerintah. Seakan-akan negara terkaya di dunia kok penduduknya miskin.

Semoga dengan informasi ini tidak mengurangi kecintaan kita terhadap Indonesia. Sepatutnya kita merawat dan mengembangkan potensi negeri ini secara optimal. I love you, Indonesia

26 comments:

sad said...
This comment has been removed by a blog administrator.
ajeng said...

Negara terkaya atau bukan, sudah sepatutnya kita harus mesyukuri dan merawat apa-apa yang sudah kita miliki kan mbak?

IbuDini said...

Bener kata Ajeng, karna kita termasuk anak2 indonesia yang harus membuat negara kita ini menjadi lebih kaya...
Kaya akan sopan satun dulu yg diutamakan...

-Gek- said...

memang benar kaya, hanya tidak merata.
Hanya orang2 tertentu saja yang menikmati, tidak semuanya, itulah ironinya..
*duh, indonesiaku,kasian sekali dirimu,,,

Sang Cerpenis bercerita said...

nah, tuh dia yg susah dilakukan.merawat dan memelihara apa yg sudah diberikan Tuhan. duhhh

nh18 said...

Wah ...
terima kasih informasinya ya ...
Terkaya atau bukan ... saya tetap cinta negara ini ...

ya ... memang ada banyak hal yang mesti kita perbaiki bersama-sama ... semampu kita ... sebisa kita ...

Salam saya

TRIMATRA said...

setujuh Indonesia negara terkaya, maksudnya bukan negara dengan penduduk paling kaya.

jadi yang kaya yang mimpin2 negara ajah tuh, klo rakyatnya ya masih banyak yang termiskin.

astagfirlloh...

alamendah said...

Sering kali kita terninabobokan oleh data-data yang sekedar konon. namun untuk menaytakan sebuah negara terkaya (kekayaan alam) atau enggak itu butuh sebuah perhitungan yang menyeluruh.
yang saya tahu Indonesia memang urutan ketiga negara dengan hutan tropis terluas. Itupun jika hitung2an luas hutannya tidak dimanipulasi

Iman said...

Tetap bangga jadi warga negara Indonesia :D

Gaphe said...

Iya sih, bener juga.. tapi dalam tulisan itu saya suka quotes terakhir yang ini :
Dengan terheran-heran, malaikat pun protes, "Lho, katanya tadi setiap negara akan diciptakan dengan keseimbangan. Kok Indonesia baik-baik semua. Lalu dimana letak keseimbangannya? "Tuhan pun menjawab dalam bahasa Inggris, "Wait, until you see the idiots I put in the government."

nurhayadi said...

Indonesia itu ya sudah seperti ini, sulit untuk bisa dibanggakan.

torik said...

mungkin kalau alamnya terkaya, tapi apakah akhlaknya sudah kaya?

Kang Sugeng said...

kaya atau ndak yg pntng kita wajib bersyukur karena tlh terlahir di bumi tercinta ini, Indonesia.

sang pelembut hati said...

salam hangat

mendengar fakta begitu kita jadi miris. apa yang salah dengan bangsa ini.

Cara beli rumah said...

bukan terkaya,.. tapi terindah,..
versi gw,...

Anonymous said...

terkaya atopun ga, jlas hrusny jd motifasi buat kita..
Dan jlas klo kita tu btuh org2 yg mo pduli.. toh smuany klo ga diperbaikin ga akn bsa brubah. kn kita2 ni yg kdpan yg bkal mimpin... Nah cba lah kta brbah sdkit2 smpe nti akhrny jd prbahan besar.. klo kta bsa mngolahnya, ganutup kmungkinan negara Indonesia bner bsa jd negara trkaya.. iyega2??

MY BLOG said...

saya jurang setuju dgn yg nulis ini. karna apa? karna sang penulis hanya membandingkan satu atau dua kekayaan alam indonesia dgn satu negara lain saja. contoh penulis mengatakan bahwa rusia mempunyai pertambangan emas dan cadangan gas alam trbaik didunia dan trbesar didunia, tp di rusia kan tdk mmpunyai hutan tropis trbesar didunia
dan satu contoh lg, sprti disbutkan sang pnulis qatar mmpunyai cadangan gas alam trbesar didunia ttapi qatar tdk mmpunyai hutan tropis dan prtmbangan emas trbsar dan trbaik didunia.

menurut saya indonesia tetap negara terkaya didunia, akan ttapi sistem pengelolaannya saja yg tdk baik.

Isti said...

@myblog : Indonesia memang kaya. Segalanya ada disini, mulai dari timah,tembaga,emas,gas,hutan tapi sayang sekali tidak mampu dikelala dg baik ditambah lagi korupsi pejabatnya yg luar bisa.

Anonymous said...

bukan perkara kita terkaya atau bkn,yg jelas kita negara bodoh yg menyerahkan SDA kita begitu saja untuk dirampas negara lain.ada apa dg indonesia?sebuah negara miskin di tengah tumpukan emas...hanya menguntungkan bagi sebagian kepentingan para politisi dan konglomerat.ingat,adzab Allah swt akan dtg pd kalian yg menyengsarakan saudara2nya!!!

MY BLOG said...

@isti: ok...brrti anda sepakat dgn saya bahwa indonesia adalah negara terkaya. tp mgkn kita hrs mnemukan sosok pemimpin/wakil2 rakyat yg mampu mengelolanya.
@anonymous: indonesia bukan negara bodoh. indonesia adalah negara kaya yg dipimpin oleh org2 bodoh dan pmimpin2 yg kbnyakan korup.

Anonymous said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Isti said...

@MyBlog : Saya setuju bahwa Indonesia negara kaya dg potensi yg luar biasa, tapi buka TERkaya di Dunia. Coba check deh potensi negara lain biar bisa di compare. Tapi sebenarnya permasalahannya adalah mengelolanya yg ga bener. Liat aja Jepang, potensi SDA nya sedikit tp negaranya bisa maju.

Kharisma said...

dengan membaca tulisan agung paling tidak kita dapat menumbuhkan rasa nasionalisme kita... iya khan..........

obat darah tinggi said...

Indonesia, memang negara kaya, tapi sayang tidak bisa d manfaatkan atau di kelola dengan baik, sehingga banyak ekosistem2 yg menghilang/punah.
sayang sekali ya... :(

cara mengobati penyakit stroke said...

apa pun itu, yang penting Indonesia selalu di hati aku

Obat Jantung Koroner Herbal said...

ohh ternyata gitu yah yang aslinya , kenapa ada yang klem bahwa tanah air kita terkaya yah ??
malu malu in aza