11.06.2008

Quiz The Moment Of Truth


Tadi malam aku baru nonton acara Quiz The Moment of Truth yang ditayangkan di TV Kabel. Quiz ini memberi pertanyan yang sifatnya sangat pribadi, dimana peserta harus menjawabnya dengan jujur. Tidak jarang kita dibuat kaget dengan pengakuan si peserta. Disini peserta didampingi oleh orang-orang dekatnya seperti ibu, pacar, maupun teman.

  • Apakah kamu pernah berfikir bahwa kalau kamu tinggal dengan ayahmu kamu akan lebih bahagia?
  • Pernahkah kamu memanipulasi data kantor?
  • Apakah kamu pernah bermesraan dengan bosmu agar karirmu cepat naik?
  • Apakah kamu mau main di film dewasa untuk membiayai pendidikanmu?
  • Apakah kamu pernah mencuri demi memberikan hadiah buat pacar?
  • Apakah kamu pernah menyesal putus dengan mantan pacarmu?
  • Apakah mantan pacarmu lebih "hebat" dari pacarmu sekarang?
  • Apakah kamu pernah tidur dengan lebih dari 50 wanita? (ha?)

Uih.. pertanyaan ini tentunya membuat orang disekelilingnya kebat-kebit. Menantikan jawaban jujur dari peserta. Untuk mengetahui peserta jujur atau tidak, peserta di test dulu dengan beberapa pertanyaan dengan menggunakan alat poligrapi (detektor kebohongan). Jadi kalau peserta berbohong, alat test ini akan mengetahuinya.

Kompensasi untuk membuka hal yang sangat pribadi ini lumayan gede yakni $ 500.000 dengan menjawab 50 pertanyaan. Tapi tidak jarang acara ini membuat hubungan dengan orang tua ataupun dengan pacar menjadi berantakan. Dan ini yang selalu diingatkan oleh hostnya bahwa pertanyaan-pertanyaan ini akan menyeret kehidupan pribadi mereka. Jadi mau lanjut atau stop?

Tapi disini aku mau mengungkapkan sisi lain dari quiz ini. Pertanyaan di quiz ini mengarah ke hubungan ibu-anak, pacar, kantor mapun teman. Tapi hubungan yang sangat pribadi buatku ya dengan pacar/suami apalagi sampai ke hubungan intim yang dipertanyakan. Dan quiz ini memang untuk "membongkar"kehidupan pribadi itu sendiri, sampai sedalam-dalamnya. Aku sendiri syok mendengar seorang laki-laki mengakui telah tidur dengan lebih dari 50 wanita, dan itu dicatatnya!! Gilaa...Setelah acara tersebut dia putus dengan pacarnya dan dia telah tidur dengan 134 wanita. Oh My God!!

Ya.. begitulah Amerika. Kalau di Indonesia, itu hal yang tabu banget.. Berhubung Indonesia suka frenchise kan quiz, mungkin perlu pikir2 dulu untuk menayangkan acara yang begini.

3 comments:

lisda said...
This comment has been removed by the author.
lisda said...

mbak, kalau di indonesia, diadain kuis kaya gini, bukan cuman ribut2 sama ortu, pacar, atau temen, tapi bisa2 berurusan ma aparat, apalagi kalo yang ditanya adalah orang yang suka korupsi, bisa2 bingung dia jawabnya.
*menghayal*

^^ salam kenal ya

cita-citaku said...

he..he..isti, bila diadakan di Indonesia acara quis ini akan cepat naik pamornya, rating dan share akan melonjak dengan cepat, teknologi riset ac nielsen bakal ngehang karena datanya penonton bisa 100% dari sample respondennya dan tv-nya bakal dihujat, fpi bergerak, kpi akan bertindak, terakhir... berakhirlah acara itu dengan cerita yang mengenaskan.