10.30.2009

Galaksi Kinanthi : Sekali Mencintai Sudah Itu Mati?



"Beginilah cara kerja sesuatu yang engkau sebut cinta; Engkau bertemu seseorang lalu perlahan-lahan merasa nyaman berada disekitarnya. Jika dia dekat, engkau akan merasa utuh dan terbelah ketika dia menjauh. keindahan adalah ketika engkau merasa ia memerhatikanmu tanpa engkau tahu. Sewaktu kemenyerahan itu meringkusmu, mendengar namanya disebut pun menggigilkan akalmu. Engkau mulai tersenyum, dan menangis tanpa mau disebut gila."

Itulah sepenggal kalimat yang ada di novel terbaru karangan Tasaro GK, Galaksi Kinanthi: Sekali Mencintai Sudah itu Mati? yang terinspirasi dari kisah nyata.

Saya tertegun setelah membaca novel ini. Bagaimana ada seorang perempuan orang yang berjuang dalam menjalani hidup, masuk dalam jaringan traficking dunia dan bisa mencapai puncak kesuksesan yang luar biasa. Dan Tasaro GK sangat apik merangkai kalimat per kalimat dalam novel ini menjadi sangat indah dan menyentuh hati.

Novel ini menceritakan tentang seorang gadis bernama Kinanthi yang memiliki latar keluarga yang sangat miskin. Bapaknya seorang yang penjudi, dan abangnya seorang preman. Kondisi ini menyebabkan tidak satu pun orang yang mau berteman dengannya, kecuali Ajuj, anak seorang Rois (petinggi agama di kampung). Ajuj lah satu-satunya sahabat Kinanthi.

Hingga suatu ketika Kinanthi dijual oleh sang Bapak dengan harga 50 kg beras kepada penjual beras. Sejak itu hidup Kinanthi sangat berat sebagai pembantu rumah tangga. Berpindah dari rumah ke rumah. Sampai ia berada di Kuwait, penyiksaan demi penyiksaan ia hadapi, gaji tidak dibayar, dilecehkan.

Karena kecerdasan dan kemampuan bahasa yang sangat baik, sang majikan membawa Kinanthi ke Amerika. Disinilah terjadi perubahan besar dalam hidup Kinanthi.
Sehingga ia menjadi seorang Prof. Kinanthi Hope, PH.D, seorang penulis kontroversial.

Lalu bagaimana dengan kisah cintanya dengan Ajuj? Setelah 20 tahun tidak bertemu, adakah rasa itu masih sama? Penasaran? baca sendiri ya novelnya..hehe..


Novel ini dapat menjadi novel pembelajaran sarat emosi dengan alur yang bergerak dinamis. Lewat novel ini, kita akan dibawa dari New York ke Gunung Kidul, lalu ke Bandung, Riyadh, Kuwait, Miami, Washington DC, hingga ke Great Plains. Selain itu, akan mendapat pembelajaran tentang cinta dan kemanusiaan.

20 comments:

secangkir teh dan sekerat roti said...

beli..beli... :)

ivan kavalera said...

review mantap. jadi penasaran juga ya g isinya.

nia said...

jadi penasaran akhir ceritanya ..


salam kenal yaaa

Pencerah said...

layak dibaca tuch

becce_lawo said...

sekali berarti sesudah itu mati..*klu ini semboyan mahasiswa mbak isti*
hidup kita cuman hitungan tahun berganti tahun tapi kebaikan dan pengorbanan akan di kenang hitungan abad umur dunia....semoga cinta kinanthi juga!!!

liza fathiariani said...

tasaro memang hebat dalam mendeskripsikan tokoh dalam setiap novelnya. bisa membawa pembaca benar2 menikmati novelnya. saya belum baca yang ini, tapi segera meluncur mencari pinjaman :D

zfly said...

Nge-resesensi buku ya Isti? udah bagus tuh resensinya :)

namaku wendy said...

terbitan apa yah mbak itu, harganya berapa? sepertinya cucok ini utk bacaan. wen lagi pengen baca cuma lom nemu buku yg ciamik hehehe

sang pelembut hati said...

novel Kinanthi...kedengarannya bagus.
terbitan sapa? penulisnya siapa?

salam
sang pelembut hati

mocca_chi said...

keberuntungan yg membuat kinanti bsa menjadi prof. wkwkwkkw....

Rumah Ide dan Cerita said...

Apa kisah nyatanya kinanti benar-benar jadi Prof Mba ?

Sang Cerpenis bercerita said...

terbelah ketika dia menjauh...duh sedih banget, jadi merasa terbelah nih.

Kang Sugeng said...

hmmmm.... jadi pengin beli nih, ceritanya bagus, ke Gramed dulu aaaah....

attayaya said...

kisah hidup yang sangat mengharukan
dari sedih mpe kebahagiaan

Triunt said...

Itu yang nulis *tasaro GK* kok namanya kyk nama Jepang ya.
tapi judulnya Kinanthi itu nama jawa banget.

salam kenal...

anazkia said...

Assalamu'alaikum...

Isti, apa khabar? Mohon maaf yah, mbak baru koment di sini. Padahal, Isti dah sering mampir :( Baru muali aktif BW nih...

"Galaksi Kinanthi" beberapa waktu lalu, mbak baru dari face booknya Tasaro GK. Tercari2 juga akan sosoknya. Secara, mbak gaptek banget ama penulis2 baru sekarang. Akhirnya, nemu juga di blognya mas Ali Muakhir. penasaran banget pengen bacanya. Duh, jadi pengen cepet2 beli nih Is...

Galaksi Kinanti, awalnya berjudul "Galaksi Cinta" desain layoutnya kalau gak salah juga mas Ali Muakhir. Mbak merinding ama jalan ceritanya. Jadi kefikiran, andaikan mbak bisa juga menulis, tentu mbak juga akan membuat novel :( hehehe.. (berlindung dari kelemahan)

Yoan said...

permisi,boleh ijin copy resensinya buat grup GK di facebook?makasih...
ni mo langsung diambil,kalo emang keberatan,kasih tau aja,nanti lansung dihapus...

SARI said...

nice story... inspiratif.. pokoknya banyak hal yg layak disandang... masih semebab dan biru rasa hatiku...
penggambaran yg jelas... nilai" yang tegas pada masing" karakter...
pokoknya wajib baca deh bagi yang belum baca...

Rhea_yuli said...

pengennnn..baca

sad said...

You will find that cheap pandora there are many gemstones and settings to choice from. pandora jewelry Almost as many as the engagement bible buy Pandora verses there are. You will want to consider discount pandora doing all you can to make a unique piece of pandora sale jewelry by trying to come up with your own ideas. pandora jewerly You will be able to make a lot of great options for pandora earrings yourself when you look at the various gemstones and cheap pandora earrings settings.