11.07.2009

Menghargai untuk Dihargai

Jangan remehkan manusia
yang paling sederhana sekalipun,
karena biar pandanganmu setajam elang
pikiranmu setajam pisau,
pendengaranmu dapat menangkap
musik dan tangis kehidupan,
pengetahuanmu tentang manusia
tidak akan pernah memadai...

- Pramudya Ananta T -


Kadang tanpa kita sadari, kita suka mengkotak-kotakan orang berdasarkan suku, bangsa, agama, dan status sosial. Padahal manusia itu pada dasarnya sama. Bahkan dalam Al Quran, "Dan masing-masing orang memperoleh derajat-derajat (seimbang) dengan apa yang dikerjakannya. Dan Tuhanmu tidak lengah dari apa yang mereka kerjakan" (QS. An-am : 132)

Lantas, mengapa manusia kadang suka merasa dirinya lebih tinggi dari orang lain? merasa lebih baik dari orang lain sehingga merasa berhak memperlakukan orang semena-mena?

Aku belajar dari seorang teman tentang menghargai seorang manusia. Dia mengatakan "Appreciate to be appreciated", menghargai untuk dihargai. Jadi, menghargai orang lain dimulai dari kita menghargai orang lain.

Walaupun kadang, ketika kita telah menghargai orang lain, kadang respon yang kita dapat tidak berbanding lurus dari yang kita perbuat.

13 comments:

alamendah said...

(maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!
Hargailah orang lain karena Allah. Demikian kata ustadz saya.

Kang Sugeng said...

Betul skali Mbak Is... memang kadang kita tu memandang orang lain lemah tapi sebenernya kita ini ndak nyadar bahwa dalam kelemahannya itu pastilah tersimpan power yg maha dahsyat

Sang Cerpenis bercerita said...

yup, dg menghargai orang lain secara tidak langsung kita menghargai diri sendiri. dan jgn memandang orang dari status, suku, agama dan ras. sebab semua manusia sama di mata Tuhan.

Rumah Ide dan Cerita said...

Setuju Mbak. tak ada yang mengetahui tentang manusia secara sempurna melainkan pemiliknya.
Hargailah manusia berarti juga and amenghargai penciptanya.

AISHALIFE-LINE said...

yub sis.Nice post.

Seti@wan Dirgant@Ra said...

Emang benner sih mbak kata Pramudya Anantatur.

Kita semua terlahir sama, dan matipun sama.... dan atas dasar apa manusia bisa menganggap remeh sesamanya?

sibaho way said...

setuju mbak. kita menghargai orang bukan karena siapa dia, tapi karena siapa kita :)

Linda Belle said...

bener tuh quotenya...
kita harus menghargai orang dulu jika ingin dihargai. dikantorku ada org yg merasa iri krn bny yg baik pada diriku sedangkan kpd dia tidak, seharusnya dia introspeksi dirinya sendiri, apakah dia sudah menghargai org lain atau belum

santai sejenak said...

setuju, hargailah orang jika ingin nada dihargai.. :)

Newsoul said...

Nice post. Saat mengukur orang lain, mari keluar dari kotak.

namaku wendy said...

kalau ingin diharagai sama orang lain maka sebaliknya kita juga harus bisa menghargai orang lain pula, terutama pun diri kita sendiri ^_^

ratna wulandari said...

ia, sebenarnya kita g sadar tlah melakukan yg namanya differensiasi area yg membuat kelompok2 tertentu..

cuma mudahan temen2 q disni trmasuk aku bukan org yg suka menggolongkan tiap org berdasarkn statusnya, amiin

Anonymous said...

guoweigang When moment in time pertains cheap pandora find expensive jewelry regarding Mother you'll notice engagement pandora jewelry rings is among the actual ideal presents you can actually produce buy Pandora your mother. You can find explanation why folks should display discount pandora his or her's mother's with gifts. A birthday and mom's birthday are pandora 2010 usually a couple of the extremely difficult times to be able Pandora Bangles to opt for the surprise for the purpose of Beads Banglesmommy, bracelets is usually something you Pandora Bangles Sale mom will forever want in addition to clothing. cheap pandora bracelets The many you will discover six handy Pandora bracelet techniques for purchasing the best Single parent's expensive jewelry.