10.25.2012

Indahnya Mesjid At-Tin

Siapa yang tidak kenal dengan mesjid At-tin yang terletak di kawasan Taman Mini Indonesia Indah itu. Mesjid yang dibangun pada masa Presiden Soeharto, tepatnya pada tahun 1997, konon kabarnya namanya diambil dari almarhumah Ibu Tien yang menjabat sebagai ibu Negara pasa masa itu.

Tapi kalau berdasarkan wikipedia sih nama itu diambil dari diambil dari salah satu surah dalam Al-Quran yang merupakan wahyu ke-27 yang diterima oleh Nabi Muhammad SAW, atau surah ke-95 dalam urutan penulisan Al-Qur‘an. Nama surah itu adalah At-Tin yang berarti sejenis buah yang sangat manis, lezat, dan penuh gizi. Buah ini dipercayai mempunyai manfaat yang banyak, baik sebelum matang maupun sesudahnya.

Terlepas, nama itu diambil dari mana, mesjid At-tin memang indah. Awalnya saya diajak om saya yang dari Medan. Saya sendiri yang sudah bertahun-tahun tinggal di Jakarta malah belum pernah kesini. Soalnya memang jauh banget dari rumah saya.

Om saya ini baru pertama kali datang ke Jakarta, dia minta saya menemaninya untuk Wisata Mesjid. Dia engga mau diajak kemana mana kecuali mengunjungi mesjid-mesjid terkenal se jabodetabek. Ada-ada saja ya om saya ini. Tapi hikmahnya buat saya, saya jadi ikutan wisata mesjid. Sayang sekali, waktu wisata mesjid itu saya engga kepikiran buat naruh di blog, jadi tidak ada dokumentasinya. Hiks..

Sekali waktu saya main ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII), saya masih terkesan dengan keindahannya Mesjid At-Tin. Lalu kamipun singgah buat sholat Ashar. Kali ini memang niat buat dijadikan dokumetasi, jadinya memang bawa kamera. :D


Gambar Luar mesjid

Kalau dari kejauhan, terutama dari tol Jagorawi, bangunan mesjid At-Tin cukup mencolok. Selain memang indah, kubah diatasnya yang berwarna ungu akan lebih kelihatan daripada kita melihatnya dari dekat. Keseluruhan bangunan akan terlihat jelas. Apa ini disebabkan karena jalan di tol lebih tinggi, saya juga tidak tau. Tapi saya takut motretnya, takut ketabrak..hehe...

Dalam mesjid yang megah

Langit-langit Mesjid


 
Foto dalam Mesjid

Segini aja dulu cerita tentang mesjid At-Tin. Tidak lupa saya mengucapkan, Selamat Hari Raya Idul Adha, semoga ibadah kurban kita diterima oleh Allah SWT.

13 comments:

ghost writer said...

ternyata ia memang indah. lagi indah kalau ianya dimeriahkan dengan jemaah.

Yudi Darmawan said...

itu salah satu mesjid termewah di Indoenesoa kalo gak salah kan mbak?

Ninneta said...

Selamat malam....

Blogwalking ya keluarga bloggerku...

Main-main ke blog baruku...

www.plumblush.blogspot.com

terutama teman-teman yang suka dandan, yang mau belajar dandan.. minggu depan mau bagi-bagi alat makeup gratis nih....

ditunggu kehadirannya di rumah baruku....

-N-

Nyak Uema said...

Euumh..
makasih infonya kawan....
selama ini ane belum tau..
heheh..

Nia said...

Wah bener bener indah yach masjidnya......sy juga udah puluhan tahun tinggal di jkt.....sering jg ke taman mini....tp blm pernah mampir ke nasjid at-tin hiks...
.

Nakusan Computer said...

memang indah sekali Mesjid At-Tin. saya prnh sekali ksna..:D

makasih infonya kawan...

M haykal said...

subhanallah...masjidnya bagus banget,kpn ya bisa kesana :)

Selamat Hari Raya Idul Adha 1433 H, Mohon Maaf Lahir dan Batin

-Gek- said...

iyaaa.. besar dan mewah sekaliii.. Met Idul Adha, mbak.

outbound di malang said...

kunjungan gan,bagi - bagi motivasi
Hal mudah akan terasa sulit jika yg pertama dipikirkan adalah kata SULIT. Yakinlah bahwa kita memiliki kemampuan dan kekuatan.
ditunggu kunjungan baliknya yaa :)

Annesya said...

uwow keren... :)

Shireishou said...

Aku br sekali masuk sana. Diajak ortu. Megah memang, cmn disaat-saat tertentu rada sepi.

♥VPie◥♀◤MahaDhifa♥ said...

.. bagus banget masjidnya,, ..

Elsa said...

saya paling suka sama pintunya yang besaaaar dan full ukiran.

kebayang berapa harganya satu pintu..
dan kebayang pula seberapa besarnya kayu yang dibutuhkan untuk membuat pintu itu