10.17.2012

URL Blog Yang Mempengaruhi SEO

Sudah selama 2 bulan ini saya fokus mengelola beberapa blog saya, dan itu menuntut saya untuk mengetahui yang namanya SEO (Search engine optimization). Mulai dari pembuatan website The Amazing Indonesia agar eye catching dan SEO friendly, dan konten apa aja hendak ditampilkan. Semuanya learning by doing. Karena saya sendiri tidak ada background IT, jadi semuanya belajar otodidak pada mbah gugel.

Hal ini membuat saya tergantung pada alexa. Jadi, tiap hari kerjanya ya mengamati perkembangan blog dari naik turunnya ranking di alexa. Yang paling mengherankan saya, kenapa blog saya ini Time to Change makin hari makin anjlok alexanya. Padahal dulu, jarang di update rankingnya nongkrong di ranking 3 jutaan. Karena belakangan ini saya lagi rajin posting, maka saya update hampir tiap hari. Tapi alexanya makin anjlok ke 6 jutaan. Waduuh....

Akhirnya saya searching di google, mencari tau apa penyebabnya. Saya pun mulai curiga dengan URL blog saya yang aneh. Saya perhatikan blog temen-teman sesama blosgpot, engga ada URL nya seperti saya. Tapi gimana saya menghilangkan angka dan huruf aneh di URL saya? Hampir 2 hari saya mencarinya di google..engga nemu jawabannya..ufff..


Perhatikan : URL nya yang diwarna merah
 
Akhirnya saya memberanikan diri bertanya pada mas Gajah Pesing, syukurnya saya mendapat respon yang baik sekali dari beliau. Awalnya saya diminta untuk menghapus semua widget yang saya pasang, mulai dari freedjit, alexa, flag counter. Tapi masih aja URL nya tidak berubah. Lalu mas Gajah Pesing meminta saya untuk menghapus Add this untuk share ke media sosial seperti facebook, twitter, google +, dll.

Hola...berhasil! angka dan huruf aneh yang ada di URL saya hilang! Jadi sekarang saya tau penyebab mengapa URL saya diikuti huruf dan angka yang aneh, ternyata karena pasang widget Add this itu. 

Sekarang saatnya rajin posting, mudah-mudahan alexa nya jadi naik lagi. :)

10 comments:

Dilla Maulina said...

Siang mba, waaah saya merasa tertarik sekali membaca postingan tentang hal ini. Kalau boleh tau contoh URL yang diikuti huruf dan angka yang aneh itu seperti apa?lalu untuk mengetahui rangking blog kita itu dimana ya? saya baru dengar tentang Alexa ..hihihihi. Mohon info nya ya mba :)

thanks :)

Unknown said...

follow juga blog yg ini sob hehe
blognya banyak ya sob,saya satu aja kadang ga terurus

Anonymous said...

semoga alexa ranknya cepat naik kembali mbak ...

Anonymous said...

wahbaru tau saya ini Mbak..

terima kasih Infonya...

sigoblogx said...

kalau saya mbak belum paham yang begi-beginian,, perlu bertapa lagi untuk ilmu satu ini.. azzzz

mudah2an artikel mbak ini bisa nambah semangat saya untuk waspada pada widget2 nggak jelas..heheee

makasih mbak untuk pengalamannya :D

Unknown said...

yok semangat2...yok semangat2...

-Gek- said...

saia kok ga mudeng ya sayyy.. apapun itu, semoga keinginanmu terkabul.. hihihihi. *peace*

Vpie ◥TwekzLibz◤ MahaDhifa said...

. . maksudnya yg mana sich?!? bingunk aq kawan. apalagi aq gak paham ttg seo. ajarin donk. huhh. he..86x . .

kakaakin said...

Kalo menurut pendapat saya, alexa jeblok karena blogger lain lebih rajin dibanding kita. Sehingga peringkat mereka emningkat dan menggeser peringkat kita. Hehe...
Semoga terus semangat ngeblog yaa :)

Elsa said...

selamat posting...
hehehee