10.08.2012

Singapore vs Bandung

Kalau mencari perbedaan antara Singapore dan Bandung, pasti banyak sekali perbedaannya. Selain memang terletak di negara berbeda, soal transportasi juga menjadi perbedaan yang mencolok. Di Singapore orang lebih banyak menggunakan MRT, sementara di Bandung jalanan macet karena banyaknya angkot dan kendaraan pribadi yang seliweran di jalan. Serta banyaknya jalan satu arah yang memaksa kita harus muter-muter ke suatu tempat.

Tapi adakah persamaan antara Singapore dan Bandung? Ternyata Singapore dan Bandung juga memiliki persamaan, terutama soal tempat belanja dan makan!. Singapore terkenal seantero dunia sebagai negara perniagaan, banyak barang-barang yang bisa didapat dengan murah di Singapore, misalnya; gadget (masih ingat kasus Randi dan Dian yang membeli ipad murah di Singapore trus dijual lagi di Indonesia?), parfum asli juga bisa kita dapatkan di jalan Orchard, pusat pembelanjaan di Singapore). Kalau beli T-shirt untuk souvenir kabarnya kaosnya buatan Bandung lo... @#&%!*

Eits..ini cuma numpang photo doang kok :)

Sementara di Bandung, sekarang telah menjadi kota wisata belanja dan wisata kuliner favorit yang tak kalah dari Singapore. Lihat saja Cihampelas, Cibaduyut dan factory outlet yang menawarkan beragam model baju, tas, sepatu serta aksesoris lainnya. Kalau lapar, beragam resto dengan variasi makanan dan harga ada disana!

 tempat belanja di Bandung

 Kalo saya sendiri, terus terang lebih suka kota Bandung daripada Singapore. Sampai saat ini saya engga ngerti kenapa orang suka sekali belanja di Singapore. Mau belanja baju, banyak baju yang tidak sesuai dengan selera saya, udah gitu harganya mahal lagi! Makin engga jadi deh belinya. Kalo mau makan, harus extra hati-hati, diperhatikan makanan ini halal atau tidak. Pernah, saking takutnya makan makanan yang tidak halal, saya membeli nasi briani yang dicantumkan label "halal". Rasa makanannya ampun deh!

Sekarang, Bandung tidak hanya menjadi kota favorit orang Jakarta. Tapi juga para wisatawan dari Malaysia. Cobalah tengok di Pasar Baru, banyak sekali makcik dan pakcik yang belanja disana. Para penjual di Pasar Baru pun mulai mahir bercakap cakap melayu.

Dengan adanya penerbangan langsung AirAsia dari Kuala Lumpur ke Bandung, hal ini mempermudah akses orang Malaysia untuk berbelanja di Bandung. Mereka bilang, model baju di Bandung bagus-bagus. Oke kan?

Kalo kamu lebih suka mana? Singapore atau Bandung? ^_^

9 comments:

-Gek- said...

Suka Singapore. :D
Karena belum pernah ke Bandung, dannn.. tiket ke Bandung lebih mahal daripada ke Singapore.. oh no!

Sang Cerpenis bercerita said...

duh lama banget gak ke bandung. macet nya itu bikin males. hiks

Akhmad Muhaimin Azzet said...

kepengen bangeet... suatu saat bisa ke Bnadung....

Cipu said...

Ke Bandung sekarang udah ga seindah dulu, sekarang Bandung makin macet dan makin panas. Jarang lagi ngerasain ademnya Bandung hehehe. Despite those reasons, Bandung is a nice place and i love its cheap angkot

Cipu said...

Bandung sekarang sudah macet dan panas, gak seadem dulu lagi hiks. Meskipun demikian, Bandung itu memang kota yang indah dan angkotnya murah :D

Claude C Kenni said...

Lebih sayang Bandung, kampung halamanku tercinta...walopun jadi macet dan panas gara2 invasi orang Jakarta, tapi tetep tidak ada tempat seindah Bandung...hehehe

Yudi Darmawan said...

tetep lebih bersih Singapur mbak.
bukannya gak cinta Indonesia,
tapi kalo mau maju Bandung harus niru Singapur..

Mr Lopce said...

Bandung itu slah satu kota yang menurut saya yang lumayan menyediakan banyak hal untuk turis lokal maupun turis internasional, tapi penataan kota bandung itu loh mbak.. one of the worst di Indonesia.. kebanyakan angkotnya kaliii yah,, udah gitu jalanan suka sempiiiit.... #MAcet bikin emosi...

MalaysiaBandung.com said...

Assalamu'alaikum. Salam perkenalan tuk yang punya blog ini. Tuk yang mau bercuti ke bandung atau melancong ke bandung bisa coba hubungi kami, kami dari travel agency MalaysiaBandung.com, harganya berpatutan dan pemandunya ramah pula. Tolong untuk dipaparkan ya kakak harap-harap membantu